Senin, 11 Maret 2013

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca


Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca


Flashdisk adalah media penyimpanan yang banyak digunakan oleh berbagai orang baik pelajar, mahasiswa, ataupun orang-orang kantoran. Dengan adanya flashdisk maka kita akan mudah menyimpan suatu file ke dalamnya jika kita berkunjung ke warnet. Karena ukurannya yang kecil dan mempunyai kapasitas ruang penyimpanan yang besar, flashdisk mudah dibawa kemana-mana.

Flashdisk yang tidak terbaca merupakan masalah yang sudah familiar di kalangan pelajar ataupun pekerja yang bergelut dengan data-data komputer. Biasanya flashdisk tidak dapat terdeteksi atau terbaca di komputer itu karena rusak secara fisik, kemungkinan terjadi kesalahan pada drivernya, port USB yang rusak, settingan bios pada windowsnya yang bermasalah, terkena air, dan masih banyak penyebab lain yang memungkinkan flashdisk Anda tidak bisa terbaca di komputer.
Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca:
1. Colokkan flashdisk Anda pada port USB lain, jika masih belum bisa terbaca cobalah untuk mencolokkannya pada komputer yang lain, jika berhasil terbaca berarti flashdisk Anda dalam keadaan baik-baik saja, hanya saja komputer Anda yang pertama itulah yang mengalami kesalahan pada sistemnya.
2. Jika flashdisk Anda ternyata masih belum bisa terbaca juga cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca kedua yang harus Anda lakukan ialah dengan cara mencolokkan perangkat lain pada USB port Anda untuk memastikan bahwa port komputer tida sedang bermasalah.
3. Masuk ke settingan BIOS lalu cek mungkin saja terdpaat perintah yang disable secara sengaja ataupun tidak.
4. Cek kesalahan sistemnya di device manager dengan cara klik start kemudian setting kemudian pilih control panels. Double klik pada icon system kemudian akan muncul jendela system propertis. Klik tab hardware kemudian klik tombol device manager. Periksa di bagian USB akan terlihat suatu masalah.
5. Adanya tanda tanya di sini menandakan hardware Anda tidak di kenal
6. Adanya tanda silang yang berwarna merah menandakan disable dan jika ini terjadi maka Anda tinggal mengubahnya ke mode enable
7. Kemungkinan besar flashdish Anda perlu untuk di install ulang dengan software install khusus.
Demikian beberapa cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di atas. Jadi, pastikan dulu flashdisk Anda masih bisa di perbaiki atau tidak sebelum menggantinya dengan yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi flashdisk yang tidak terbaca.
sumber: diulang.in/

2 Coment: