Hayy guyzz kali ini saya akan membagikan tugas besar saya kepada teman2 Pada mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak Tentang SKPL_EVOLUTION, Semoga bermanfaat yahhh......:)
KATA PENGATAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan hidayah dan inayah-Nya bagi kami melalui ilmu-Nya Yang Maha Luas dan
Tak Terkira sehingga kami bisa sedikit menuliskan setetes dari lautan ilmu-Nya
kedalam sebuah proyek sederhana ini. Shalawat serta salam kami tujukan kepada
suri teladan kami, Nabi Muhammad SAW beserta seluruh pengikutnya hingga akhir
zaman.
Kami bersyukur bahwa akhirnya kontribusi dapat diwujudkan
dengan diiringi kesadaran bahwa segala keterbatasan masih mengiringi proyek
yang masih perlu untuk terus dikoreksi ini agar dapat mencapai kesempurnaan.
Proyek ini dibuat tidak dengan proses yang instant namun memerlukan proses yang
cukup panjang untuk menciptakan sebuah makalah yang dapat membuat pembaca
semakin mengenal, mengerti dan memahami kebudayaan islam.
Sumber-sumber bacaan yang kami dapat kami pelajari dengan
baik agar tidak memberikan dampak yang negatif bagi pembaca.Sumber-sumber itu
kami dapat melalui, hasil pencarian dari internet.Dalam mencari sumber-sumber
tersebut kami banyak mengalami kesulitan, namun kami bersyukur
kesulitan-kesulitan yang kami hadapi tersebut dapat kami selesaikan.
Akhirnya, kami berharap proyek ini menjadi kontributif
yang positif yang tidak ada hentinya. Tak henti untuk terus dikoreksi, tak
henti untuk melahirkan berbagai motivasi dan inovasi serta tak henti untuk
memberikan inspirasi kepada orang lain untuk juga memberikan kontribusi yang
jauh lebih baik dari kami.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
a)
LATAR BELAKANG
Seiring
dengan perkembangan zaman dan makin berkembangnya sistem informasi di dunia maya,
sudah menjadi hal biasa ketika orang cukup dengan mengakses internet untuk
mendapatkan informasi yang diinginkan. Di era global saat ini, segala hal yang
dulunya masih bersifat konvensional dapat diubah menjadi sistem yang berbasis
internet. Hal ini yang menyebabkan meningkatnya penggunaan internet, karena
dirasa sangat simpel dan tidak banyak memakan waktu. Sebagai contoh, untuk
pengumuman hasil penerimaan mahasiswa yang dulunya harus dilihat dikampus
terdekat, namun sekarang cukup diakses melalui internet.
Untuk
dilingkungan civitas akedemika, sistem berbasis internet sudah mulai
diterapkan, meskipun masih belum bisa dimaksimalkan. Seperti yang kita tahu
saat ini, dalam sistem Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) di kampus masih bersifat
manual, yang artinya mahasiswa masih harus menuju ke TPS, kemudian menunjukkan
KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sebagai bukti verifikasi. Setelah itu pemilih masuk
ke bilik untuk melakukan pencoblosan. Hal ini dirasa kurang efisien dan
maksimal, karena dengan menggunakan sistem ini terlalu banyak dana yang harus
dikeluarkan. Juga banyak mahasiswa yang tidak bisa menyumbangkan hak suaranya.
Mungkin terhalang dengan jadwal kuliah, sedang melakukan penelitian di luar
kota, dan sebagainya. Memang terdengar simpel, namun hal ini yang bisa memicu
perbedaan pendapat. Oleh karena itu, kami membuat sebuah web aplikasi yang
nantinya akan mewakili suara setiap mahasiswa dengan tidak mengesampingkan
keabsahan dari hasil pemungutan suara yang akan dilakukan. Aplikasi ini kami
beri nama “E-Volution” (Electronic Vote Solution).
b)
TUJUAN
a.
Mempermudah mahasiswa untuk melakukan
pemilihan jabatan dalam suatu organisasi di Universitas dimana
saja selama event dilangsungkan.
b.
Mengurangi produksi kertas yang
diproduksi yang secara langsung juga mengurangi resiko global warming.
c.
Mempermudah Mahasiswa untuk mengetahui
perkembangan perhitungan suara sementara melalui E-Volution
c)
LINGKUP MASALAH
E-Volution (Electronic Vote Solution) adalah perangkat
lunak berupa aplikasi pendukung pada sistem manajemen organisasi
di Universitas,yaitu sebagai sistem informasi dalam proses pemilihan
jabatan dalam suatu organisasi di Universitas . Dari sistem tersebut user
dapatmengikutipemilihansecara online yang sangat akurat danefisien baik dalam waktu mapun tempat. User dapat dengan mudah
mengetahui hasil pemilihan cukup dengan menekan sebuah menu yang telah di sediakan sehingga lebih
praktis dan semua data akan tersimpan di dalam database yang dikelola oleh DBA
(Database Addministrator).
d)
DEFINISI,AKRONIM DAN SINGKATAN
Ø SKPL adalah
Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, atau dalam bahasa Inggrisnya sering juga
disebut sebagai Software Requirements Spesification (SRS), dan merupakan
spesifikasi dari perangkat lunak yang akandikembangkan.
Ø SKPL-E-VOLUTION.K-xxxx adalah kode yang
digunakan untuk merepresentasikan kebutuhan (requirement) pada E-Volution, dengan E-Volution merupakan kode
perangkat lunak, E-Volution.Kadalah kode fase, dan xxxx adalah digit/nomor kebutuhan (requirement).
Ø ORACLE® adalah sebuah
program aplikasi database yang
dibuat dan didistribusikan oleh ORACLE® Corporation untuk sistem operasi
Microsoft®Windows,
Linux®, Mac® OS.Aplikasi ini
memiliki fitur yang lengkap, akurat dan mudah digunakan, sehingga sangat baik untuk digunakan
sehari-hari.
Ø ERD adalah Entity Relationship Diagram, diagram dan
notasi yang digunakan untuk merepresentasikan struktur data statis pada
perangkat lunak.
Ø PHP adalah PHP Hypertext Preprocessor,bahasa pemrograman script
yang paling banyak dipakai saat ini atau dalam kata lain bisa diartikan sebuah
bahasa pemrograman web yang bekerja di sisi server (server side scripting)
yang dapat melakukan konektifitas pada database
yang di
mana hal itu tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sintaks-sintaks HTML biasa.
Ø HTML adalah
HyperText Markup Language,bahasa
markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai
informasi di dalam sebuah browser Internet.
e)
DESKRIPSI UMUM DOKUMEN
Dokumen SKPL ini dibagi menjadi
tiga bagian utama.Bagian utama berisi penjelasan tentang dokumen SKPL yang
mencakup tujuan pembuatan dokumen ini, lingkup masalah yang diselesaikan oleh
perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, referensi dan deskripsi umum.
Bagian kedua berisi penjelasan
secara umum mengenai perangkat lunak yang akan dikembangkan meliputi fungsi
dari perangkat lunak, karakteristik pengguna, batasan dan asumsi yang diambil
dalam pengembangan perangkat lunak.
BAB II
PEMBAHASAN
1) DESKRIPSI UMUM
PERANGKAT LUNAK
a)
DESKRIPSI UMUM SISTEM
E-Volution adalah perangkat lunak berupa
aplikasi pendukung pada manajemen organisasi di Universitas yaitu sebagai sistem informasi dalam
proses pemilhan jabatan dalam suatu organisasi serta hasil pemilhan yang cepat dan
akurat.
Dari sistem
yang memanfaatkan aplikasi ORACLE®.
Program E-Volutionini merupakan program
yang membantu mahasiswa (user) untuk melakukan pemilihan dan mengetahui hasil pemilhan yang
telah dilakukan saat itu juga. Program ini bekerja secara runtime dengan waktu yang
sudah di set pada komputer, sehingga waktu start voting dan end voting dapat
dipantau secara akurat oleh program. Voter dapat melakukan voting (pemilihan)
dengan cara login terlebih dahulu, kemudian melakukan pemilihan pada menu yang
telah di sediakan beserta waktu start voting dan end voting yang telah
ditetapkan.Pada saat voter memilih calon kandidatnya, maka akan terjadi check
data dalam database, jika voter sudah memilih dalam kegiatan yang di maksud
maka voter tidak dapat melakukan voting (pemilihan) lagi. Hal ini berlaku juga
jika waktu voting (pemilihan) tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Tetapi, jika voter belum pernah melakukan voting (pemilihan) dalam kegiatan
yang di maksud, maka voter dapat melakukan voting (pemilihan) dan program ini
akan secara otomatis memasukan hasil vote ke dalam database dan sistem akan
mengolah data yang ada untuk memperbarui hasil voting (pemilihan). Hasil akhir
pemilihan dapat diketahui saat itu juga setelah melewati waktu end voting. Semua data tersimpan
di dalam database yang dikelolaolehDBA (Database Administrator) /
Administrator.
Administrator pada perangkat lunak ini dapat mengakses kembali data hasil akhir
voting (pemilihan) yang telah tersimpan di dalam database.Administrator juga
dapat menambah dan menghapus profil para calon kadiadat yang akan dipilihh
nantinya. Selain itu DBA juga dapat menetapkan tata cara pemilhan dan memasang
berita atu event yang ada. Setelah itu Administrator dapat merekap semua hasil
voting (pemilihan) baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan dan
mencetaknya sebagai dokumentasi organisasi.
b)
FUNGSI PRODUK
Adapun
fungsi-fungsi yang dimiliki oleh perangkat lunak ini adalah:
![*](file:///C:/Users/accul/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/02/clip_image001.gif)
SKPL-ID
|
DESKRIPSI
|
|
Administrator
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0001
|
Login sebagai Administrator
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0002
|
MemasangBerita atau
Event
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0003
|
Memasang profil calon
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0004
|
Menghapus profil calon
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0005
|
Melihat hasil sementara
pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0006
|
Melihat hasil akhir
pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0007
|
Mengirim pesan pemberitahuan
pada para Voter
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0008
|
Menetapkan tatacara
pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0009
|
Menetapkan Contact
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0010
|
Logout
|
|
Voter atauMahasiswa
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0011
|
Melihat tata cara
pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0012
|
Melihat informasi profil calon
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0013
|
Melihat hasil
sementara pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0014
|
Melihat hasil akhir pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0015
|
Login sebagai Voter
atauMahasiswa
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0016
|
Melakukan voting (apabilabelum
voting)
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0017
|
Tidak bisa
melakukanvoting(apabila sudah voting)
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0018
|
Melihat Contact
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0019
|
Logout
|
|
Non Voter atau Admin
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0020
|
Melihat tata cara
pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0021
|
Melihat informasi profil calon
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0022
|
Melihat hasil
sementara pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0023
|
Melihat hasil akhir pemilihan
|
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0024
|
Melihat Contact
|
|
![*](file:///C:/Users/accul/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/02/clip_image001.gif)
SKPL-ID
|
DESKRIPSI
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0025
|
Tersedia
24 jam sehari, 7 hariseminggu
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0026
|
Tidak
pernah gagal menampilkan hasil pemilihan
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0027
|
Tidak
penah gagal login bagi user yang memiliki otoritas
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0028
|
Tidak
pernah gagal dalam pemilihan
|
c)
KARAKTERISTIK PENGGUNA
Pengguna
perangkat lunak E-Volution adalah mahasiswa aktif sebagai user dan administrator sebagai pengelola database.
Tidak ada keahlian khusus yang harus dipenuhi oleh pengguna (user) selain
dasar-dasar pengetahuan dalam mengoperasikan computer khususnya menggunakan keyboard.
Tetapi khusus untuk administrator harus menguasai tentang database, dan
administrator memiliki tingkat otorisasi khusus yang disebut sebagai
administrator dan mempunyai wewenang
untuk melakukan modifikasi pada informasi yang disimpan di dalam database.
KATEGORI PENGGUNA
|
TUGAS
|
HAK AKSES APLIKASI
|
Non Voter
|
Melihat
tata cara pemilihan, contact, profil calon, dan hasil pemilihan.
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0020
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0021
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0022
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0023
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0024
|
||
Voter
|
Melihat tata cara pemilihan, contact,
profil calon, hasil pemilhan dan juga dapat melakukan voting (pemilihan).
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0011
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0012
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0013
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0014
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0015
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0016
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0017
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0018
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0019
|
||
Administrator
|
Melihat
tata cara pemilihan, contact, profil calon, dan hasil pemilihan. Selain itu
Administrator juga dapat menetapkan tata cara pemilihan dan contact. Profil
calon dapat di tambah atau di hapus oleh Adminstrator. Begitu juga dengan
berita atau event.
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0001
|
SKPL-E-VOLUTION-K-0002
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0003
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0004
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0005
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0006
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0007
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0008
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0009
|
||
SKPL-E-VOLUTION-K-0010
|
d)
BATASAN-BATASAN
Batasan-batasan yang
digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini adalah:
![*](file:///C:/Users/accul/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/02/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/accul/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/02/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/accul/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/02/clip_image001.gif)
e) LINGKUP OPERASI
Perangkat
lunak yang dibutuhkan oleh user maupun administrator adalah:
![*](file:///C:/Users/accul/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/02/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/accul/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/02/clip_image001.gif)
f)
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Sesuai dengan referensi dari buku Software
Engineering karya Ian Sommerville tahun 2004 tentang software process, kami menggunakan model evolutionary process dimana perangkat lunak kami dikembangkan
secara berkala dan dalam setiap
tahapnya kami memberikan feedback
dari proses pengembangan perangkat lunak kami kepada voter dan meminta feedback dari
voter, apakah pengembangan perangkat
lunak kami sudah sesuai dengan permintaan dari voterr. Kami berharap bahwa pengembangan perangkat lunak kami akan
benar-benar sesuai dengan permintaan voterr,
meskipun memakan waktu lebih lama, dan pengerjaan perangkat lunak menjadi tidak
terstruktur.
Sekilas tentang evolutionary process,
Concument
Specification
|
Development
|
Final
Version
|
Online
Description
|
Validation
|
Intermediate
Versions
|
Initial
Verson
|
Dengan menggunakan evolutionary
process ini, project plan kami
akan selesai paling cepat dalam waktu 3 bulan dengan rincian awal sebagai
berikut :
NO
|
PROSES
|
M1
|
M2
|
M3
|
M4
|
M5
|
M6
|
M7
|
M8
|
M9
|
M10
|
M11
|
M12
|
1
|
Interface program
|
||||||||||||
2.
|
Pengaplikasian interface ke dalam pemogramanHTML danPHP
|
||||||||||||
3.
|
Mengaplikasikan program dan menghubungkannya dengan
ORACLE
|
||||||||||||
4.
|
Validasi program( memperbaiki bug-bug dalam program)
|
||||||||||||
5.
|
Finishing program
|
2)
DESKRIPSI RINCI KEBUTUHAN
a)
Kebutuhan antarmuka eksternal
Kebutuhan antarmuka eksternal pada perangkat lunak E-Volution mencakup
kebutuhan antarmuka pemakai, antarmuka perangkat keras dan antarmuka perangkat
lunak
1.
Antarmuka pemakai
Antarmuka pemakai akan dikembangkan
dengan menggunakan modus grafik yang dibangun melalui HTML® danPHP® yang
dirancang memudahkan pemakai dalam penggunaan E-Volution. Evolution menerima
masukkan dari tikusan (mouse) dan
papan kunci (keyboard). Keluaran dari
E-Volution dapat langsung dilihat melalui monitor dalam bentuk web ataupun dicetak dari alat cetak (printer).
2.
Antarmuka perangkat keras
Kebutuhan minimum perangkat keras yang
dapat digunakan olehE-Volution adalah:
·
PC IBM Compatible (PC Standart),
·
Papan Kunci (Keyboard),
·
Tikusan (Mouse),
·
Alat Cetak (printer).
3.
Antarmuka perangkat lunak
Program hanya membutuhkan fitur-fitur
dari aplikasi dari
ORACLE®daninterface program yang akan dibangun dan dikembangkan
melalui HTML® dan PHP®.
4.
Antarmuka komunikasi
Antamuka komunikasi yang dibutuhkan hanya
sebuah komputer server dan satu atau beberapa komputer klien yang terhubung
dalam jaringan LAN.
b)
Kebutuhan Fungsional
1.
Use case model
Ø Use Case 1: Melihat Tata Cara Pemilihan
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana user system dapat melihat tata cara pemilihan.
·
Aktor :
Non Voter, Voter, dan Administrator
·
Use Case :
Sistem akan menerima data yang diinginkan sehingga semua data diolah dan
mengirimkan tata cara pemilihan dalam bentuk tampilan langsung pada layar
monitor.
Ø Use Case 2: Melihat Hasil Pemilihan
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara memperoleh hasil pemilhan.
·
Aktor :
Non Voter, Voter, Administrator
·
Use Case :
Sistem akan menerima data yang akan ditampilkan dan memprosesnya dalam database
sehingga memperoleh data keluaran berupa hasil pemilihan. Data keluaran
tersebut akan ditampilkan langsung pada layar monitor.
Ø Use Case 3: Melihat Informasi Profil Calon
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara melihat profil-profil calon kandidat yang akan
dipilih
·
Aktor :
Non Voter, Voter, Administrator
·
Use Case :Sistem
akan menerima data yang akan ditampilkan dan memprosesnya dalam database
sehingga memperoleh data keluaran berupa profil-profil calon. Data keluaran
tersebut akan ditampilkan langsung pada layar monitor.
Ø Use Case 4: Melihat Contact
·
Tujuan :
Menjelaskan Bagaimana cara melihat contact
·
Aktor :
Non Voter, Voter, Administrator
·
Use Case :Sistem
akan menerima data yang diinginkan sehingga semua data diolah dan mengirimkan
contact dalam bentuk tampilan langsung pada layar monitor.
Ø Use Case 5: Login Voter
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana sistem login sebagai Voter
·
Aktor :
Voter
·
Use Case :
Sistem akan memeriksa valid atau tidaknya data yang telah disimpan di dalam
database dengan inputan yang diberikan oleh user. Parameter inputan berupa NIM
dan password. Jika benar maka user akan login sebagai Voter, jika salah maka
user akan menjadi Non Voter.
Ø Use Case 1: Melakukan Voting
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara melakukan voting bagi para Voter
·
Aktor :
Voter
·
Use Case : Voter akan memasukkan pilihan bagi calon
kandidatnya yang kemudian akan dimasukkan dalam database. Di dalam database
akan di periksa apakah Voter pernah melakukan voting sebelumnya jika sudah maka
data tidak dapat masuk ke dalam database, sebaliknya jika belum pernah
melakukan voting maka data akan secara otomatis akan masuk ke database. Oleh
karena itu sistem ini bebas dari kecurangan karena tidak adanya suara ganda
yang dimiliki oleh seorang Voter.
Ø Use Case 1: Logout Voter
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara sistem logout untuk Voter
·
Aktor :
Voter
·
Use Case :
Voter dapat keluar dari account-nya dengan cara memilih menu logout yang telah
tersedia dan otomatis voter menjadi Non Voter.
Ø Use Case 1: Login Administrator
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana sistem login sebagai Voter
·
Aktor :
Administrator
·
Use Case :
Sistem akan memeriksa valid atau tidaknya data yang telah disimpan di dalam
database dengan inputan yang diberikan oleh user. Parameter inputan berupa ID
Administrator dan password. Jika benar maka user akan login sebagai
Administrator, jika salah maka user akan menjadi Non Voter.
Ø Use Case 1: Memasang Berita Atau Event
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara memasang berita atau event
·
Aktor :
Administrator
·
Use Case :
Sistem akan menerima data inputan dari Administrator yaitu berupa berita atau
event, yang nantinya akan ditampilkan dalam layar monitor.
Ø Use Case 1: Memasang Profil Calon
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara memasang profil calon
·
Aktor :
Administrator
·
Use Case :
Administrator dapat memilih para calon kandidat dalam suatu kegiatan pemilihan
dengan cara memilih berdasarkan NIM tang telah ada. Hal ini memudahkan
Administrator untuk menampilkan profil calon, karena sistem akan secara
otomatis memperoleh profil calon dari NIM yang telah di inputkan.
Ø Use Case 1: Menghapus Profil Calon
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara memasang profil calon
·
Aktor :
Administrator
Use Case : Administrator
dapat memilih para calon kandidat yang akan dihapus dengan cara memilih calon
kandidat yang telah ada, kemudian menekan tombol hapus. Hal ini memudahkan
Administrator untuk menghapus profil calon, karena sistem akan
Ø Use Case 1: Menetapkan Tata Cara Pemilihan
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana menetapkan tata cara pemilihan
·
Aktor :
Administrator
Use Case : Sistem akan
menerima data inputan dari Administrator yaitu berupa tata cara pemilihan, yang
nantinya akan ditampilkan dalam layar monitor
Ø Use Case 1: Menetapkan Contact
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara menetapkan contact
·
Aktor :
Administrator
·
Use Case :
Sistem akan menerima data inputan dari Administrator yaitu berupa contact, yang
nantinya akan ditampilkan dalam layar monitor.
Ø Use Case 1: Logout Administrator
·
Tujuan :
Menjelaskan bagaimana cara sistem logout untuk Administrator
·
Aktor :
Administrator
·
Use Case :
Administrator dapat keluar dari account-nya dengan cara memilih menu logout
yang telah tersedia dan otomatis Administraor menjadi Non Voter.
2.
Aktivity Diagram
3.
Sequence Diagram
4.
Class Diagram
5.
ERD
TABEL MAHASISWA
|
||
NIM
|
VARCHAR(20)
|
PRIMARY KEY
|
Password
|
VARCHAR(15)
|
|
Nama_Mahasiswa
|
VARCHAR(100)
|
|
Angkatan
|
INTEGER
|
|
Jurusan_Id_Jurusan
|
INTEGER
|
FOREIGN
KEY R EFERENCES
Jurusan ( Id_Jurusan ) |
Tabel Jurusan
|
||
Id_Jurusan
|
INTEGER
|
PRIMARY KEY
|
Nama_Jurusan
|
VARCHAR(100)
|
|
Fakultas_Id_Fakultas
|
INTEGER
|
FOREIGN
KEY R EFERENCES
Fakultas ( Id_Fakultas ) |
Tabel
Fakultas
|
||
Id_Fakultas
|
INTEGER
|
PRIMARY
KEY
|
Nama_Fakultas
|
VARCHAR(100)
|
Tabel
Jenis_Pemilihan
|
||
Id_Jenis_Pemilihan
|
INTEGER
|
PRIMARY KEY
|
Nama_Pemilihan
|
VARCHAR(100)
|
|
Date_Start_Vote
|
DATE
|
|
Date_End_Vote
|
DATE
|
|
Mahasiswa_NIM
|
VARCHAR(20)
|
PRIMARY KEY,
FOREIGN
KEY R EFERENCES
Mahasiswa ( NIM ) |
Tabel
Data_Calon
|
||
Id_Data_Calon
|
INTEGER
|
PRIMARY KEY
|
Jenis_Pemilihan_Mahasiswa_NIM
|
VARCHAR(20)
|
PRIMARY
KEY, FOREIGN KEY REFERENCES Jenis_Pemilihan(Mahasiswa_NIM)
|
Jenis_Pemilihan_Id_Jenis_Pemilihan
|
INTEGER
|
PRIMARY KEY, FOREIGN KEY REFERENCES Jenis_Pemilihan(Id_Jenis_Pemilihan)
|
Mahasiswa_NIM
|
VARCHAR(20)
|
PRIMARY KEY
|
Vote
|
BOOL
|
|
Date_Vote
|
DATE
|
|
Data_Calon_Id_Data_Calon
|
INTEGER
|
FOREIGN
KEY REFERENCES Data_Calon(Id_Data_Calon)
|
Data_Calon_Jenis_Pemilihan_Mahasiswa_NIM
|
VARCHAR(20)
|
FOREIGN KEY REFERENCES Data_Calon(Jenis_Pemilihan_Mahasiswa_NIM)
|
Data_Calon_Jenis_Pemilihan_Id_Jenis_Pemilihan
|
INTEGER
|
FOREIGN
KEY REFERENCES Data_Calon(Jenis_Pemilihan_Id_Jenis_Pemilihan)
|
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
E-Volution (Electronic Vote Solution) adalah SKPL
merupakan dokumen spesifikasi yang akan dikembangkan. Dokumen ini digunakan
oleh pengembang perangkat lunak sebagai acuan teknis pada tahap pengembangan
perangkat lunak selanjutnya.
Perangkat lunak
berupa aplikasi pendukung pada sistem manajemen organisasi di Universitas,yaitu sebagai sistem informasi dalam proses pemilihan
jabatan dalam suatu organisasi di Universitas.
Program E-Volution ini merupakan
program yang membantu mahasiswa (user) untuk melakukan pemilihan dan mengetahui hasil pemilhan yang
telah dilakukan saat itu juga. Program ini bekerja secara runtime dengan waktu yang
sudah di set pada komputer, sehingga waktu start voting dan end voting dapat
dipantau secara akurat oleh program.
B.
SARAN
Saran dan kritik yang
membangun, yang menjadi
kontributif yang positif yang tidak ada hentinya. Tak henti untuk terus
dikoreksi, tak henti untuk melahirkan berbagai motivasi dan inovasi serta tak
henti untuk memberikan inspirasi kepada orang lain untuk juga memberikan
kontribusi yang jauh lebih baik dari kami. Semoga.
0 Coment:
Posting Komentar