Rabu, 17 Oktober 2012

SKPL_EVOLUTION (NURAENI)

Hayy guyzz kali ini saya akan membagikan tugas besar saya kepada teman2 Pada mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak Tentang SKPL_EVOLUTION, Semoga bermanfaat yahhh......:)


KATA PENGATAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya bagi kami melalui ilmu-Nya Yang Maha Luas dan Tak Terkira sehingga kami bisa sedikit menuliskan setetes dari lautan ilmu-Nya kedalam sebuah proyek sederhana ini. Shalawat serta salam kami tujukan kepada suri teladan kami, Nabi Muhammad SAW beserta seluruh pengikutnya hingga akhir zaman.
Kami bersyukur bahwa akhirnya kontribusi dapat diwujudkan dengan diiringi kesadaran bahwa segala keterbatasan masih mengiringi proyek yang masih perlu untuk terus dikoreksi ini agar dapat mencapai kesempurnaan. Proyek ini dibuat tidak dengan proses yang instant namun memerlukan proses yang cukup panjang untuk menciptakan sebuah makalah yang dapat membuat pembaca semakin mengenal, mengerti dan memahami kebudayaan islam.
Sumber-sumber bacaan yang kami dapat kami pelajari dengan baik agar tidak memberikan dampak yang negatif bagi pembaca.Sumber-sumber itu kami dapat melalui, hasil pencarian dari internet.Dalam mencari sumber-sumber tersebut kami banyak mengalami kesulitan, namun kami bersyukur kesulitan-kesulitan yang kami hadapi tersebut dapat kami selesaikan.
Akhirnya, kami berharap proyek ini menjadi kontributif yang positif yang tidak ada hentinya. Tak henti untuk terus dikoreksi, tak henti untuk melahirkan berbagai motivasi dan inovasi serta tak henti untuk memberikan inspirasi kepada orang lain untuk juga memberikan kontribusi yang jauh lebih baik dari kami.






Penulis





BAB I
PENDAHULUAN

a)      LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan zaman dan makin berkembangnya sistem informasi di dunia maya, sudah menjadi hal biasa ketika orang cukup dengan mengakses internet untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Di era global saat ini, segala hal yang dulunya masih bersifat konvensional dapat diubah menjadi sistem yang berbasis internet. Hal ini yang menyebabkan meningkatnya penggunaan internet, karena dirasa sangat simpel dan tidak banyak memakan waktu. Sebagai contoh, untuk pengumuman hasil penerimaan mahasiswa yang dulunya harus dilihat dikampus terdekat, namun sekarang cukup diakses melalui internet.
                Untuk dilingkungan civitas akedemika, sistem berbasis internet sudah mulai diterapkan, meskipun masih belum bisa dimaksimalkan. Seperti yang kita tahu saat ini, dalam sistem Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) di kampus masih bersifat manual, yang artinya mahasiswa masih harus menuju ke TPS, kemudian menunjukkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sebagai bukti verifikasi. Setelah itu pemilih masuk ke bilik untuk melakukan pencoblosan. Hal ini dirasa kurang efisien dan maksimal, karena dengan menggunakan sistem ini terlalu banyak dana yang harus dikeluarkan. Juga banyak mahasiswa yang tidak bisa menyumbangkan hak suaranya. Mungkin terhalang dengan jadwal kuliah, sedang melakukan penelitian di luar kota, dan sebagainya. Memang terdengar simpel, namun hal ini yang bisa memicu perbedaan pendapat. Oleh karena itu, kami membuat sebuah web aplikasi yang nantinya akan mewakili suara setiap mahasiswa dengan tidak mengesampingkan keabsahan dari hasil pemungutan suara yang akan dilakukan. Aplikasi ini kami beri nama “E-Volution” (Electronic Vote Solution).
b)      TUJUAN
a.       Mempermudah mahasiswa untuk melakukan pemilihan jabatan dalam suatu organisasi di Universitas dimana saja selama event dilangsungkan.
b.      Mengurangi produksi kertas yang diproduksi yang secara langsung juga mengurangi resiko global warming.
c.       Mempermudah Mahasiswa untuk mengetahui perkembangan perhitungan suara sementara melalui E-Volution



c)       LINGKUP MASALAH
E-Volution (Electronic Vote Solution) adalah perangkat lunak berupa aplikasi pendukung pada sistem manajemen organisasi di Universitas,yaitu sebagai sistem informasi dalam proses pemilihan jabatan dalam suatu organisasi di Universitas . Dari sistem tersebut user dapatmengikutipemilihansecara online yang sangat akurat danefisien  baik dalam waktu mapun tempat. User dapat dengan mudah mengetahui hasil pemilihan cukup dengan menekan sebuah menu yang telah di sediakan sehingga lebih praktis dan semua data akan tersimpan di dalam database yang dikelola oleh DBA (Database Addministrator).
d)        DEFINISI,AKRONIM DAN SINGKATAN
Ø  SKPL adalah Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, atau dalam bahasa Inggrisnya sering juga disebut sebagai Software Requirements Spesification (SRS), dan merupakan spesifikasi dari perangkat lunak yang akandikembangkan.
Ø  SKPL-E-VOLUTION.K-xxxx adalah kode yang digunakan untuk merepresentasikan kebutuhan (requirement) pada E-Volution, dengan E-Volution merupakan kode perangkat lunak, E-Volution.Kadalah kode fase, dan xxxx adalah digit/nomor kebutuhan (requirement).
Ø  ORACLE® adalah sebuah program aplikasi database yang dibuat dan didistribusikan oleh ORACLE® Corporation untuk sistem operasi Microsoft®Windows, Linux®, Mac® OS.Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, akurat dan mudah digunakan, sehingga sangat baik untuk digunakan sehari-hari.
Ø  ERD adalah Entity Relationship Diagram, diagram dan notasi yang digunakan untuk merepresentasikan struktur data statis pada perangkat lunak.
Ø  PHP  adalah PHP Hypertext Preprocessor,bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini atau dalam kata lain bisa diartikan sebuah bahasa pemrograman web yang bekerja di sisi server (server side scripting) yang dapat melakukan konektifitas pada database yang di mana hal itu tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sintaks-sintaks HTML biasa.
Ø  HTML adalah HyperText Markup Language,bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
e)        DESKRIPSI UMUM DOKUMEN
Dokumen SKPL ini dibagi menjadi tiga bagian utama.Bagian utama berisi penjelasan tentang dokumen SKPL yang mencakup tujuan pembuatan dokumen ini, lingkup masalah yang diselesaikan oleh perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, referensi dan deskripsi umum.

Bagian kedua berisi penjelasan secara umum mengenai perangkat lunak yang akan dikembangkan meliputi fungsi dari perangkat lunak, karakteristik pengguna, batasan dan asumsi yang diambil dalam pengembangan perangkat lunak.



BAB II
PEMBAHASAN

1)      DESKRIPSI UMUM PERANGKAT LUNAK

a)      DESKRIPSI UMUM SISTEM
E-Volution adalah perangkat lunak berupa aplikasi pendukung pada manajemen organisasi di Universitas yaitu sebagai sistem informasi dalam proses pemilhan jabatan dalam suatu organisasi serta hasil pemilhan yang cepat dan akurat. Dari sistem yang memanfaatkan aplikasi ORACLE®.
Program E-Volutionini merupakan program yang membantu mahasiswa (user) untuk melakukan pemilihan dan mengetahui hasil pemilhan yang telah dilakukan saat itu juga. Program ini bekerja secara runtime dengan waktu yang sudah di set pada komputer, sehingga waktu start voting dan end voting dapat dipantau secara akurat oleh program. Voter dapat melakukan voting (pemilihan) dengan cara login terlebih dahulu, kemudian melakukan pemilihan pada menu yang telah di sediakan beserta waktu start voting dan end voting yang telah ditetapkan.Pada saat voter memilih calon kandidatnya, maka akan terjadi check data dalam database, jika voter sudah memilih dalam kegiatan yang di maksud maka voter tidak dapat melakukan voting (pemilihan) lagi. Hal ini berlaku juga jika waktu voting (pemilihan) tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tetapi, jika voter belum pernah melakukan voting (pemilihan) dalam kegiatan yang di maksud, maka voter dapat melakukan voting (pemilihan) dan program ini akan secara otomatis memasukan hasil vote ke dalam database dan sistem akan mengolah data yang ada untuk memperbarui hasil voting (pemilihan). Hasil akhir pemilihan dapat diketahui saat itu juga setelah melewati waktu end voting. Semua data tersimpan di dalam database yang dikelolaolehDBA (Database Administrator) / Administrator. Administrator pada perangkat lunak ini dapat mengakses kembali data hasil akhir voting (pemilihan) yang telah tersimpan di dalam database.Administrator juga dapat menambah dan menghapus profil para calon kadiadat yang akan dipilihh nantinya. Selain itu DBA juga dapat menetapkan tata cara pemilhan dan memasang berita atu event yang ada. Setelah itu Administrator dapat merekap semua hasil voting (pemilihan) baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan dan mencetaknya sebagai dokumentasi organisasi.
b)      FUNGSI PRODUK
Adapun fungsi-fungsi yang dimiliki oleh perangkat lunak ini adalah:
*      Kebutuhan Fungsional
SKPL-ID
DESKRIPSI
Administrator
SKPL-E-VOLUTION-K-0001
Login sebagai Administrator
SKPL-E-VOLUTION-K-0002
MemasangBerita atau Event
SKPL-E-VOLUTION-K-0003
Memasang profil calon
SKPL-E-VOLUTION-K-0004
Menghapus profil calon
SKPL-E-VOLUTION-K-0005
Melihat hasil sementara pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0006
Melihat hasil akhir pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0007
Mengirim pesan pemberitahuan pada para Voter
SKPL-E-VOLUTION-K-0008
Menetapkan tatacara pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0009
Menetapkan Contact
SKPL-E-VOLUTION-K-0010
Logout
Voter atauMahasiswa
SKPL-E-VOLUTION-K-0011
Melihat tata cara pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0012
Melihat informasi profil calon
SKPL-E-VOLUTION-K-0013
Melihat hasil sementara pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0014
Melihat hasil akhir pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0015
Login sebagai Voter atauMahasiswa
SKPL-E-VOLUTION-K-0016
Melakukan voting (apabilabelum voting)
SKPL-E-VOLUTION-K-0017
Tidak bisa melakukanvoting(apabila sudah voting)
SKPL-E-VOLUTION-K-0018
Melihat Contact
SKPL-E-VOLUTION-K-0019
Logout
Non Voter atau Admin
SKPL-E-VOLUTION-K-0020
Melihat tata cara pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0021
Melihat informasi profil calon
SKPL-E-VOLUTION-K-0022
Melihat hasil sementara pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0023
Melihat hasil akhir pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0024
Melihat Contact
*      Kebutuhan Non-Fungsional
SKPL-ID
DESKRIPSI
SKPL-E-VOLUTION-K-0025
Tersedia 24 jam sehari, 7 hariseminggu
SKPL-E-VOLUTION-K-0026
Tidak pernah gagal menampilkan hasil pemilihan
SKPL-E-VOLUTION-K-0027
Tidak penah gagal login bagi user yang memiliki otoritas
SKPL-E-VOLUTION-K-0028
Tidak pernah gagal dalam pemilihan

c)       KARAKTERISTIK PENGGUNA
Pengguna perangkat lunak E-Volution adalah mahasiswa aktif sebagai user dan administrator sebagai pengelola database. Tidak ada keahlian khusus yang harus dipenuhi oleh pengguna (user) selain dasar-dasar pengetahuan dalam mengoperasikan computer khususnya menggunakan keyboard. Tetapi khusus untuk administrator harus menguasai tentang database, dan administrator memiliki tingkat otorisasi khusus yang disebut sebagai administrator  dan mempunyai wewenang untuk melakukan modifikasi pada informasi yang disimpan di dalam database.
KATEGORI PENGGUNA
TUGAS
HAK AKSES APLIKASI
Non Voter
Melihat tata cara pemilihan, contact, profil calon, dan hasil pemilihan.
SKPL-E-VOLUTION-K-0020
SKPL-E-VOLUTION-K-0021
SKPL-E-VOLUTION-K-0022
SKPL-E-VOLUTION-K-0023
SKPL-E-VOLUTION-K-0024
Voter
Melihat tata cara pemilihan, contact, profil calon, hasil pemilhan dan juga dapat melakukan voting (pemilihan).
SKPL-E-VOLUTION-K-0011
SKPL-E-VOLUTION-K-0012
SKPL-E-VOLUTION-K-0013
SKPL-E-VOLUTION-K-0014
SKPL-E-VOLUTION-K-0015
SKPL-E-VOLUTION-K-0016
SKPL-E-VOLUTION-K-0017
SKPL-E-VOLUTION-K-0018
SKPL-E-VOLUTION-K-0019
Administrator
Melihat tata cara pemilihan, contact, profil calon, dan hasil pemilihan. Selain itu Administrator juga dapat menetapkan tata cara pemilihan dan contact. Profil calon dapat di tambah atau di hapus oleh Adminstrator. Begitu juga dengan berita atau event.
SKPL-E-VOLUTION-K-0001
SKPL-E-VOLUTION-K-0002
SKPL-E-VOLUTION-K-0003
SKPL-E-VOLUTION-K-0004
SKPL-E-VOLUTION-K-0005
SKPL-E-VOLUTION-K-0006
SKPL-E-VOLUTION-K-0007
SKPL-E-VOLUTION-K-0008
SKPL-E-VOLUTION-K-0009
SKPL-E-VOLUTION-K-0010

d)      BATASAN-BATASAN
Batasan-batasan yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini adalah:
*      Informasi yang akan ditampilkan adalah profil calon, berita atau event, contact, dan hasil pemilihan  yang dapat di peroleh dengan permintaan query DBMS dan ditampilkan dalam format web.
*      Operasi aritmatika dasar yang tersedia adalah operasi aritmatika penjumlahan, pengurangan, danperkalian untuk menghitung hasil dari pemilihan.
*      Operan merupakan bilangan bulat atau bilangan desimal
e)      LINGKUP OPERASI
Perangkat lunak yang dibutuhkan oleh user maupun administrator adalah:
*    Sistem Operasi : Microsoft® WindowsXP/Vista/7
*    Aplikasi : ORACLE®
f)       PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Sesuai dengan referensi dari buku Software Engineering karya Ian Sommerville tahun 2004 tentang software process, kami menggunakan model evolutionary process dimana perangkat lunak kami dikembangkan secara berkala dan dalam setiap tahapnya kami memberikan feedback dari proses pengembangan perangkat lunak kami kepada voter dan meminta feedback dari voter, apakah pengembangan perangkat lunak kami sudah sesuai dengan permintaan dari voterr. Kami berharap bahwa pengembangan perangkat lunak kami akan benar-benar sesuai dengan permintaan voterr, meskipun memakan waktu lebih lama, dan pengerjaan perangkat lunak menjadi tidak terstruktur.
Sekilas tentang evolutionary process,

Concument
Aktivities

Specification

Development

Final
Version

Online
Description

Validation

Intermediate
Versions


Initial
Verson
 









Dengan menggunakan evolutionary process ini, project plan kami akan selesai paling cepat dalam waktu 3 bulan dengan rincian awal sebagai berikut :
NO
PROSES
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
1
Interface program












2.
Pengaplikasian interface ke dalam pemogramanHTML danPHP












3.
Mengaplikasikan program dan menghubungkannya dengan ORACLE












4.
Validasi program( memperbaiki bug-bug dalam program)












5.
Finishing program















2)      DESKRIPSI RINCI KEBUTUHAN
a)      Kebutuhan antarmuka eksternal
Kebutuhan antarmuka eksternal pada perangkat lunak E-Volution mencakup kebutuhan antarmuka pemakai, antarmuka perangkat keras dan antarmuka perangkat lunak
1.       Antarmuka pemakai
Antarmuka pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan modus grafik yang dibangun melalui HTML® danPHP® yang dirancang memudahkan pemakai dalam penggunaan E-Volution. Evolution menerima masukkan dari tikusan (mouse) dan papan kunci (keyboard). Keluaran dari E-Volution dapat langsung dilihat melalui monitor dalam bentuk web ataupun  dicetak dari alat cetak (printer).
2.       Antarmuka perangkat keras
Kebutuhan minimum perangkat keras yang dapat digunakan olehE-Volution adalah:
·         PC IBM Compatible (PC Standart),
·         Papan Kunci (Keyboard),
·         Tikusan (Mouse),
·         Alat Cetak (printer).
3.       Antarmuka perangkat lunak
Program hanya membutuhkan fitur-fitur dari aplikasi dari ORACLE®daninterface program yang akan dibangun dan dikembangkan melalui HTML® dan PHP®.

4.       Antarmuka komunikasi
Antamuka komunikasi yang dibutuhkan hanya sebuah komputer server dan satu atau beberapa komputer klien yang terhubung dalam jaringan LAN.
b)      Kebutuhan Fungsional
1.       Use case model
Ø  Use Case 1:         Melihat Tata Cara Pemilihan
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana user system dapat melihat tata cara pemilihan.
·         Aktor              : Non Voter, Voter, dan Administrator
·         Use Case       : Sistem akan menerima data yang diinginkan sehingga semua data diolah dan mengirimkan tata cara pemilihan dalam bentuk tampilan langsung pada layar monitor.
Ø  Use Case 2:         Melihat Hasil Pemilihan
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara memperoleh hasil pemilhan.
·         Aktor              : Non Voter, Voter, Administrator
·         Use Case       : Sistem akan menerima data yang akan ditampilkan dan memprosesnya dalam database sehingga memperoleh data keluaran berupa hasil pemilihan. Data keluaran tersebut akan ditampilkan langsung pada layar monitor.
Ø    Use Case 3:      Melihat Informasi Profil Calon
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara melihat profil-profil calon kandidat yang akan dipilih
·         Aktor              : Non Voter, Voter, Administrator
·         Use Case       :Sistem akan menerima data yang akan ditampilkan dan memprosesnya dalam database sehingga memperoleh data keluaran berupa profil-profil calon. Data keluaran tersebut akan ditampilkan langsung pada layar monitor.
Ø    Use Case 4:      Melihat Contact
·         Tujuan            : Menjelaskan Bagaimana cara melihat contact
·         Aktor              : Non Voter, Voter, Administrator
·         Use Case       :Sistem akan menerima data yang diinginkan sehingga semua data diolah dan mengirimkan contact dalam bentuk tampilan langsung pada layar monitor.
Ø    Use Case 5:      Login Voter
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana sistem login sebagai Voter
·         Aktor              : Voter
·         Use Case       : Sistem akan memeriksa valid atau tidaknya data yang telah disimpan di dalam database dengan inputan yang diberikan oleh user. Parameter inputan berupa NIM dan password. Jika benar maka user akan login sebagai Voter, jika salah maka user akan menjadi Non Voter.
Ø    Use Case 1:      Melakukan Voting
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara melakukan voting bagi para Voter
·         Aktor              : Voter
·         Use Case       :  Voter akan memasukkan pilihan bagi calon kandidatnya yang kemudian akan dimasukkan dalam database. Di dalam database akan di periksa apakah Voter pernah melakukan voting sebelumnya jika sudah maka data tidak dapat masuk ke dalam database, sebaliknya jika belum pernah melakukan voting maka data akan secara otomatis akan masuk ke database. Oleh karena itu sistem ini bebas dari kecurangan karena tidak adanya suara ganda yang dimiliki oleh seorang Voter.
Ø    Use Case 1:      Logout Voter
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara sistem logout untuk Voter
·         Aktor              : Voter
·         Use Case       : Voter dapat keluar dari account-nya dengan cara memilih menu logout yang telah tersedia dan otomatis voter menjadi Non Voter.
Ø    Use Case 1:      Login Administrator
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana sistem login sebagai Voter
·         Aktor              : Administrator
·         Use Case       : Sistem akan memeriksa valid atau tidaknya data yang telah disimpan di dalam database dengan inputan yang diberikan oleh user. Parameter inputan berupa ID Administrator dan password. Jika benar maka user akan login sebagai Administrator, jika salah maka user akan menjadi Non Voter.
Ø    Use Case 1:      Memasang Berita Atau Event
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara memasang berita atau event
·         Aktor              : Administrator
·         Use Case       : Sistem akan menerima data inputan dari Administrator yaitu berupa berita atau event, yang nantinya akan ditampilkan dalam layar monitor.
Ø    Use Case 1:      Memasang Profil Calon
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara memasang profil calon
·         Aktor              : Administrator
·         Use Case       : Administrator dapat memilih para calon kandidat dalam suatu kegiatan pemilihan dengan cara memilih berdasarkan NIM tang telah ada. Hal ini memudahkan Administrator untuk menampilkan profil calon, karena sistem akan secara otomatis memperoleh profil calon dari NIM yang telah di inputkan.
Ø    Use Case 1:      Menghapus Profil Calon
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara memasang profil calon
·         Aktor              : Administrator
Use Case               : Administrator dapat memilih para calon kandidat yang akan dihapus dengan cara memilih calon kandidat yang telah ada, kemudian menekan tombol hapus. Hal ini memudahkan Administrator untuk menghapus profil calon, karena sistem akan
Ø    Use Case 1:      Menetapkan Tata Cara Pemilihan
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana menetapkan tata cara pemilihan
·         Aktor              : Administrator
Use Case               : Sistem akan menerima data inputan dari Administrator yaitu berupa tata cara pemilihan, yang nantinya akan ditampilkan dalam layar monitor
Ø    Use Case 1:      Menetapkan Contact
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara menetapkan contact
·         Aktor              : Administrator
·         Use Case       : Sistem akan menerima data inputan dari Administrator yaitu berupa contact, yang nantinya akan ditampilkan dalam layar monitor.
Ø    Use Case 1:      Logout Administrator
·         Tujuan            : Menjelaskan bagaimana cara sistem logout untuk Administrator
·         Aktor              : Administrator
·         Use Case       : Administrator dapat keluar dari account-nya dengan cara memilih menu logout yang telah tersedia dan otomatis Administraor menjadi Non Voter.




2.       Aktivity Diagram


3.       Sequence Diagram
4.       Class Diagram
5.       ERD
TABEL MAHASISWA
NIM
VARCHAR(20)
PRIMARY KEY
Password
VARCHAR(15)

Nama_Mahasiswa
VARCHAR(100)

Angkatan
INTEGER

Jurusan_Id_Jurusan
INTEGER
FOREIGN KEY REFERENCES Jurusan(Id_Jurusan)

Tabel Jurusan
Id_Jurusan
INTEGER
PRIMARY KEY
Nama_Jurusan
VARCHAR(100)

Fakultas_Id_Fakultas
INTEGER
FOREIGN KEY REFERENCES Fakultas(Id_Fakultas)

Tabel Fakultas
Id_Fakultas
INTEGER
PRIMARY KEY
Nama_Fakultas
VARCHAR(100)


Tabel Jenis_Pemilihan
Id_Jenis_Pemilihan
INTEGER
PRIMARY KEY
Nama_Pemilihan
VARCHAR(100)

Date_Start_Vote
DATE

Date_End_Vote
DATE

Mahasiswa_NIM
VARCHAR(20)
PRIMARY KEY, FOREIGN KEY REFERENCES Mahasiswa(NIM)

Tabel Data_Calon
Id_Data_Calon
INTEGER
PRIMARY KEY
Jenis_Pemilihan_Mahasiswa_NIM
VARCHAR(20)
PRIMARY KEY, FOREIGN KEY REFERENCES Jenis_Pemilihan(Mahasiswa_NIM)
Jenis_Pemilihan_Id_Jenis_Pemilihan
INTEGER
PRIMARY KEY, FOREIGN KEY REFERENCES Jenis_Pemilihan(Id_Jenis_Pemilihan)


Mahasiswa_NIM
VARCHAR(20)
PRIMARY KEY
Vote
BOOL

Date_Vote
DATE

Data_Calon_Id_Data_Calon
INTEGER
FOREIGN KEY REFERENCES Data_Calon(Id_Data_Calon)
Data_Calon_Jenis_Pemilihan_Mahasiswa_NIM
VARCHAR(20)
FOREIGN KEY REFERENCES Data_Calon(Jenis_Pemilihan_Mahasiswa_NIM)
Data_Calon_Jenis_Pemilihan_Id_Jenis_Pemilihan
INTEGER
FOREIGN KEY REFERENCES Data_Calon(Jenis_Pemilihan_Id_Jenis_Pemilihan)









PENUTUP

A.      KESIMPULAN
E-Volution (Electronic Vote Solution) adalah SKPL merupakan dokumen spesifikasi yang akan dikembangkan. Dokumen ini digunakan oleh pengembang perangkat lunak sebagai acuan teknis pada tahap pengembangan perangkat lunak selanjutnya.
Perangkat lunak berupa aplikasi pendukung pada sistem manajemen organisasi di Universitas,yaitu sebagai sistem informasi dalam proses pemilihan jabatan dalam suatu organisasi di Universitas.
Program E-Volution ini merupakan program yang membantu mahasiswa (user) untuk melakukan pemilihan dan mengetahui hasil pemilhan yang telah dilakukan saat itu juga. Program ini bekerja secara runtime dengan waktu yang sudah di set pada komputer, sehingga waktu start voting dan end voting dapat dipantau secara akurat oleh program.
B.      SARAN
Saran dan kritik yang membangun, yang menjadi kontributif yang positif yang tidak ada hentinya. Tak henti untuk terus dikoreksi, tak henti untuk melahirkan berbagai motivasi dan inovasi serta tak henti untuk memberikan inspirasi kepada orang lain untuk juga memberikan kontribusi yang jauh lebih baik dari kami. Semoga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar